Perpustakaan 
   Pengertian perpustakaan menurut saya pribadi adalah tempat dimana informasi dikumpulkan dan semua orang bebas untuk mengaksesnya. Perpustakaan juga dapat dikatakan sebagai jendela ilmu karena semua ilmu itu terdapat disana. Jenis jenis perpustakaan pun beragam, seperti perpustakaan sekolah, umum, universitas, khusus dan banyak lagi yang lain. 
    Dalam sebuah perpustakaan, tidak muluk-muluk tentang buku dan rak nya, melainkan ada beberapa perpustakaan yang menyediakan fasilitas  lain seperti di perpustakaan daerah tulungagung. Disana terdapat beberapa fasilitas penunjang lainnya seperti, wifi, komputer, fotocopy dan audio visual. Fasilitas tersebut dapat menambah kesan baik pemustaka dan memudahkan mereka mencari informasi yang dibutuhkan. 
    Permasalahan yang kerap ditemui adalah pengurus sebuah perpustakaan bukanlah orang lulusan jurusan ilmu perpustakaan dan informasi. Masalah ini kerap ditemui di perpustakaan sekolah. Terkadang pihak sekolahan itu mengandal orang yang ada untuk mengelolah perpustakaan. 
   Pada kenyataannya tenaga pustakawan saat ini sangat dibutuhkan. Mungkin dibeberapa perpustakaan masih ada campur tangan dari lulusan prodi lain sehingga menurut saya itu kurang efektif karena kurangnya pengalaman dalam mengelolah sebuah perpustakaan.
   Perpustakaan dapat berkembang dengan baik jika pengelolahnya mengerti apa saja yang dibutuhkan untuk menunjang perpustakaan tersebut. Selain hal itu pustakawan juga harus mendapatkan pelatihan agar melakukan tugasnya dengan baik dan benar. 
  Harapan saya kedepannya, perpustakaan dapat berkembang seiring perkembangan jaman dan dapat memberikan pengaruh baik bagi penggunanya. Semoga perpustakaan dapat menyebar luas sampai plosok kampung pun agar semua orang dapat merasakan fasilitas pelayanan perpustakaan. Selain itu agar kualitas pendidikan didaerah terpencil pun mendapatkan asupan informasi yang memadahi.  

Komentar

  1. Para pustakawan yang memperoleh gelar dengan menempuh Pendidikan asli linear ilmu perpustakaan dengan para pustakawan yg memperoleh pendidikan melalui sebuah diklat misal pend dari perpusnas, tingkat kompetensinya apakah tetap berbeda ataukah sama atau bagaimana?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Menurut saya berbeda, karena lebih berkompeten yg dari lulusan asli. Pengalaman dan ilmu yg mereka dapat lebih banyak.

      Hapus
  2. bagaimana komentar anda jika ada perpustakaan disebuah perguruan tinggi yang tidak boleh sembarangan orang bisa masuk dan meminjam koleksi?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setuju jika itu bukan mahasiswa / orang yg memang asli dari universitas tersebut. Karna ditakutkan adanya tindakan yg dapat merugikan perpustakaan tersebut.

      Hapus

Posting Komentar

Postingan Populer