Dokumen dan Organisasi.

Organanisasi merupakan sekumpulan orang yang memiliki suatu tujuan yang sama. Organizing berasal dari organize yang berarti menciftakan struktur dengan bagian-bagian yang diintegrasikan sedemikian rupa, sehingga hubunganya satu sama lain terikat oleh hubungan terhadap keseluruhanya. Organisasi diartikan menggambarkan pola-pola, skema bagan yang menunjukkan garis-garis perintah, kedudukan karyawan, hubungan-hubungan yang ada, dan lain sebagainya. 
Sebuah organisasi biasanya memiliki dokumen - dokumen penting. Dokumen tersebut biasanya berisi tentang struktur organisasi, hasil rapat kerja, dan proposal - proposal dari acara yang akan diadakan maupaun yang sudah diadakan. Dokumen tersebut harus disimpan dengan rapi dan baik. Hal seperti itu sangat berguna untuk evaluasi agar organisasi tersebut dapat berkembang lebih baik. Sebuah organisasi harus dapat merawat dokumen - dokumen  penting yang dimiliki. Benda tersebut merupakan aset yang berharga. Kebanyakan orang masih meremehkan tentang dokumen yang tersimpan. Mereka beranggapan bahwa dokumen itu setumpukan kertas tidak penting yang hanya membuat kumuh suatu ruangan. Pemikiran tersebut seharusnya sudah dihilangkan, apalagi bila orang itu aktif dalam ber organisasi.

Banyak sekali jenis - jenis dari dokumentasi, diantaranya :
1. artikel dari jurnal.
2. bagian dari buku ( bab ).
3. makalah seminar.
4. Slides dan materi pengajaran.
5. kumpulan soal ujian.
6. nama dan deskripsi produk.

Pengelolahan sebuah dokumen tidak kalah pentinganya. Pengolahannya biasanya dilakukan untuk pemberian identitas untuk suatu dokumen. Pengelolahanya meliputi :
1. siapa pemilik dokumen tersebut,
2. pengklasifikasian dokumen.
3. keterangan penerbita.
4. informasi hak cipta.

Komentar

Postingan Populer