APAKAH ITU DOKUMEN?



Menurut saya pribadi, dokumen adalah kumpulan dari data yang dimiliki suatu organisasi atau perusahaan yang isinya tentang file file penting mengenai pemiliknya.
dokumen biasanya digunakan sebagai rekaman atau bukti bahwa suatu pemiliknya pernah meng agendakan suatu kegiatan. Selain itu, dokumen berguna untuk evaluasi sebuah perusahaan agar lebih baik kedepannya.
Dokumen memilik 3 jenis yaitu dokumen primer, sekunder, dan tersier. Dokumen primer adalah dokumen yang didapat dari narasumber utama, misalnya buku, jurnal , dan masih banyak lagi. Dokumen sekunder adala dokumen yang diambil dari dokumen primer, misal resuman buku, bibliografi, majalah indeks dan lain – lain. Dokumen tersier adalah dokumen yang berisi tentang literatur dokumen sekunder, misalnya  buku ajar, katalog peprustakaan, dan lain lain.
Dokumen juga tidak selamanya berbentuk tulisan. Dokumen bisa jaga berbentuk gambar, video, musik dan lain – lain. Namun kebanyakan orang belum mengetahui tentang itu dan masih beranggapan bahwa dokumen itu setumpukan kertas berisi tulisan penting yang bersangkutan dengan kepentingan pemiliknya.  
dokumen digolongkan menjadi 2 :
1.       Segi fisik : berupa berat, tinggi, tata letak, frekuensi terbit, dll.
2.       Segi intelektual : tujuan sebuah dokumen, jenis kepengarangan, sumber, dll. 
13DP

Komentar

Postingan Populer