STATEGI PUSTAKAWAN AGAR PERPUSTAKAAN RAMAI PENGUNJUNG

Masyarakat masih banyak yang berfikiran bahwa perpustakaan itu tempat kumpulan buku yang banyak dengan rak - raknya. Seharusnya prespektif seperti itu harus dihapuskan. Pustakawan harus dapat memberikan pengarahan bahwa pemikiran seperti itu sudah tidak dapat digunakan untuk masa modern seperti sekarang. Pustakawan harus dapat meyakinkan bahwa sebuah perpustakaan bukanlah monoton tentang buku beserta rak nya. 

Seiring dengan perkembangan jaman, perpustakaan seharusnya juga bisa mengikuti apa yang sedang trending di masa kini. Perpustakaan dapat berkembang dengan baik jika pengelolahnya juga tau apa yang dibutuhkan perpustakaan untuk menunjang perkembangan tersebut. Pustakawan juga harus dapat memikirkan bagaimana strategi yang akan diterapkan untuk membuat perpustakaan menjadi semenarik mungkin dan membuat banyak orang berdatangan untuk menikmati fasilitas yang ada. Pustakawan harus memikirkan hal itu dengan matang - matang, tanpa adanya perencanaan pasti akan sulit untuk menjalankan strategi yang sudah dibuat sedemekian rupa. 

Fasilitas tambahan seperti free wifi, ruangan ber AC, tempat diskusi yang nyaman, coffee break, dan yang lainnya, dapat memberikan kesan menarik kepada orang - orang yang datang keperpustakaan. Fasilitas tersebut dapat kita manfaat kan untuk menarik perhatian semua orang agar mau mengunjungi peprustakaan tersebut. Promosi juga tidak kalah penting untuk menarik perhatian pemustaka. Promosi dapat dilakukan dengan membuat poster, slogan atau selebaran yang di design semenarik mungkin demi menarik perhatian semua orang yang membacanya. 

Peran dari pustkawan untuk menarik pengunjung juga sangat berpengaruh. Pelayanan yang baik, ramah, dan efisian akan memberikan kesan yang sangat baik tehadap perpustakaan tersebut. Pustakawan juga harus bisa ber inovasi agar perpustakaan yang dikelola dapat berkembangan dengab pesat dan memberikan dampak positiv untuk lingkungan sekitar. 

Komentar

Postingan Populer