PERPUSTAKAAN DAN KEBUTUHAN MASYARAKAT
Perpustakaan adalah sebuah ruangan, bagian sebuah gedung ataupun gedung itu sendiri yang digunakan untuk menyimpan buku dan terbitan lainnya yang biasannya disimpan menurut tata susunan tertentu untuk digunakan pembaca, bukan untuk dijual. Perpustakaan digunakan untuk pembaca dan tidak mencari untung. (Sulistiyo Basuki.1993:3)
Peran perpustakaan  jika memperhatikan konsep dasarnya sebagai pusat informasi, tentu perpustakaan mendapat peran yang cukup strategis ditengah-tengah masyarakat. Baik tidaknya perpustakaan tergantung bagaimana kinerjanya. Karena kinerja akan menentukan citra perpustakaan dimata masyarakat. Peran perpustakaan dapat dianggap sebagai agen perubahan, pembangunan,  agen budaya serta pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Perubahan selalu terjadi seiring dengan sifat manusia yang selalu ingin tahu, eksplorer, dan budaya.
Tugas perpustakaan perpustakaan menurut Sutarno NS (2005,61) secara garis besar ada tiga yaitu:
1.      Tugas menghimpun informasi, meliputi kegiatan mencari, menyeleksi, mengisi perpustakaan dengan sumber informasi yang memadai/lengkap baik dalam arti jumlah, jenis, maupun mutu yang disesuaikan dengan kebijakan organisasi, ketersediaan dana, dan keinginan pemakai secara mutakhir.
2.      Tugas mengelola, meliputi tugas pengelolaan, penyususnan, penyimpanan, pengemasan agar tersususn rapi, mudah ditelusuri kembali (temu balik informasi) dan diakses oleh pemakai
3.      Tugas memberdayakan dan memberikan layanan secara optimal. Perpustakaan sebagai pusat informasi yang menyimpan berbagai ilmu pengetahuan, memberikan layanan informasi yang ada untuk diberdayakan kepada masyarakat pengguna. Sehingga perpustakaan menjadi agen perkembangan ilmu pengetahuan dan informasi, teknologi serta budaya masyarakat. Termasuk dalam tugas ini adalah upaya promosi dan publikasi serta sosialisasi agar masyarakat pengguna mengetahui dengan jelas apa yang ada dan dapat dimanfaatkan dari perpustakaan.
Fungsi perpustakaan merupakan penjabaran lebih lanjut dari semua tugas perpustakaan. fungsi perpustakaan antara lain pendidikan, pembelajaran, informasi, penelititian, rekreasi dan preservasi. Fungsi-fungsi itu dilaksanakan dalam rangka pencapaian tujuan perpustakaan.
Pengelolaan perpustakaan umum dilakukan antara lain untuk memacu peningkatan kualifas sumber daya manusia yang memanfaafkannya. Namun saat ini pemanfaafan perpustakaan umum ternyafa belum optimal. (Muljono, Pudji.2007:648) Masyarakat dapat memanfaatkan perpustakaan umum sebagai sumber informasi, karena di dalam koleksi yang dimiliki oleh perpustakaan umum bersifat untuk umum. Dengan kata lain segala jenis sumber informasi dari tingkat dasar sampai tingkatan tertinggi tersedia diperpustakaan. Penggunanya juga orang umum atau masyarakat banyak tanpa membeda-bedakan status sosial dan tingkat pendidikannya.
      Saat ini kebutuhan informasi masyarakat sudah sangat beragam. Dalam era informasi yang mudah diakses dari manapun dan kapanpun karena adanya internet. Perpustkaan juga menyediakan koleksi dalam bentuk digital agar memudahkan masyarakat dalampencarian informasi. Seperti menyediakan e-book, e-journal, e-repositori  dan lain sebagainya. Dengan adanya fasilitas seperti itu dapat memenuhi kebutuhan informasi masyarakat.

Komentar

Postingan Populer