Gempa Palu dan Donggala

Hasil gambar untuk korban donggala dan palu
Tanggal 28 September 2018, suatu daerah di Provinsi Sumatra Tengah ditimpa beberapa musibah. Mulai dari gempa 7,7 sr dan tsunami yang menerjang beberapa daerah. Daerah itu adalah Palu dan Doanggala. Pemerintahan tekah menyiapkan beberapa bantuan untuk korban di Palu dan Donggala. Evakuasi korban telah dilaksanakan oleh Tim SAR dan dibantu jajaran aparat. 

Bencana ini terjadi pada pukul 18.00 waktu setempat. Gempa yang mengguncang terjadi selama 10 menit lamanya telah mempora - porandakan bangunan. Tak lama setelah gempa terjadi, air pantai menjadi surut beberapa meter dari garis pantai dan menerjang kembali dengan gelombang setinggi 2 meter. Bangunan rumah warga dan pusat perbelanjaan sudah roboh yang disebabkan oleh gempa lalu diterjang air tsunami yang meratakan bangunan yang berdiri disekitar kawasan pantai. Kejadian ini memberikan duka mendalam bagi warga Palu dan Donggala. Mereka kehilangan rumah, harta beharga bahkan keluarga yang mereka sayangi.

Pemerintah telah menyiapkan sejumlah bantuan berupa obat - obatan, pakaian, sembako dan lain - lainnya. Tim gabungan dari TNI, POLISI dan SAR telah dikerahkan untuk mengevakuasi korban yang masih tertimbun bangunan. Korban yang tercatat sampai sekarang mencapai 1.407 meninggal dunia, 2.549 luka berat, dan 113 masih dinyatakan hilang. Rumah sakit setempat juga memberikan pengobatan sebaik mungkin untuk merawat korban yang masih selamat. Pihak berwenang juga sudah melakuakan upaya semaksimal mungkin untuk menemukan orang - orang yang dinyatakan hilang. 


13DP

Komentar

Postingan Populer